2012-03-13T09:04:00.134+07:00

Bookmark and Share

Sabda Nabi Saw :
"Enam perkara yang bias melebur amal kebaikan : sibuk mencari keburukan / aib oaring lain , keras hati , terlalu ci nta dunia , sedikit rasa malu , panjang lamunan / khayalan dan kedhaliman yang tidak pernah berhenti " (Hadis Riwayat- Ad-Dailami dari Adi bin Hatim )

Dalam hadis ini rosullullah Saw. Memperingatkan kepada kita sebagai umatnya agar kita jangan sampai terjerumus kepada yang enam , sebagai berikut :

1. Sibuk mencari keburukan / aib orang lain.
Rasullullah melarang kepada kita untuk mencari - cari keburukan orang lain , karena hal itu secara tidak langsung telah membuka sesuatu yang seharusnya ditutupi, kecuali kalau memang tujuannya untuk menegakkan keadilan . Hal ini dalam Alquran Qs 49 : 11 disebut juga dengan Tajasus.
Nabi bersabda: " Barang siapa menutupi aib seorang muaslim , maka Allah akan menutupi aibnya ada hari kiamat."

Dalam hadis lain Nabi bersabda : " Betapa bahagianya orang yang tersibukkan mencari aib dan kekurangan dirinya jauh dari mencari aib dan kekurangan orang lain ."

2. Keras Hati
Yang dimaksud keras hati disini adalah apabila seseorang sudah tidak bisa menerima nasihat dari oaring lain . bahkan menganggap remeh orang yang menasehatinya. Padahal Ali bin Abi Thalib berkata : " Lihatlah oleh mu perkataanya dan jangan kau lihat siapa yang mengatakannya."

3. Terlalu Cinta Dunia
Cinta dunia boleh tapi jangan berlebihan , karena kita tahu bahwa dunia bukanlah segala-galanya. Islam tidak melarang orang untuk menjadi kaya, bahkan Islam menghendaki umatnya menjadi makmur. Dalam hadis Nabi mengatakan : " Beramallah engkau untuk duniamu seolah engkau akan hidup selamanya, dan beramallah engkau untuk akhiratmu seolah engkau akan mati besok ."

4. Sedikit rasa malu
Rasullullah Saw. Merupakan satu sosok suri tauladan yang sangat besar rasa malunya . Dan malu disini bukan malu berbuat kebaikan atau amarmarup nahi munkar, tapi malu untuk berbuat dosa / kesalahan .

Sabda Nabi :
" Malu itu sebagian dari Iman ." Dalam sabda lainya berkata : " Malu dan Iman adalah bersatu , maka apabila dacabut salah satunya maka akan tercabut yang lainnya." ( Hr. Abu Nua,im )

5. Panjang Lamunan / Khayalan
Allah menganjurkan kepada kita supaya banyak berpikir , tapi berpikir dan berharap entang sesuatu yang logis disertai dengan usaha. Bukan berpikir dan berharap tapi tidak mau berusaha. Karena betapa hebatnya suatu ide / gagasan kalau tanpa direalisasikan maka hanya akan menjadi sebuah lamunan."

6. Kedhaliman Yang Tiada Henti
Kita dilarang oleh agama untuk berbuat dhalim karena dhalim adalah
kegelapan dihari kiamat . dan juga takkan ada penolong bagi orang yang dhalim.


GABUNG Halaman Facebook saya Menjelma.com ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini
FOLLOW TWITTER saya menjelma.com ,dengan mengklik dibawah ini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35
http://wisbenbae.blogspot.com/2012/03/6-perkara-yang-merusak-amal.html

www.menjelma.com 13 Mar, 2012


-
Source: http://www.menjelma.com/2012/03/sabda-nabi-saw-enam-perkara-yang-bias.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar