Sebagian Besar File Torrent di hapus The Pirate Bay

Bookmark and Share
Sebagian Besar File Torrent di hapus The Pirate Bay

The Pirate Bay, salah satu website penyedia jasa host download file torrent terbesar di dunia, akan segera menghapus sebagian besar file torrent sampai dengan bulan ini.

Seperti yang dilansir digital-digest, Rabu (15/2/2012), sebagai tindak lanjut penegakan hukum terhadap BitTorrent dan situs download (fenomena piracy), ditambah dengan keputusan mahkamah agung Swedia yang menolak banding denda dan hukuman penjara yang dijatuhkan kepada para pendiri website (ThePirateBay.com), maka The pirate Bay akan menghapus semua file torrent yang memiliki lebih dari 10 peers (Penyedia/peng-upload file).

Namun, users tetap dapat melakukan aktivitas download dengan teknologi BitTorrent yang hadir beberapa tahun terakhir ini, dengan pengenalan "Magnetic Links". Links ini terdiri dari kode 'hash' yang unik yang mampu mengidentifikasi file torrent yang akan user download, dan memberitahukan informasi kepada client BitTorrent apabila terdapat client lain yang meng-upload file torrent yang sama.

Dengan adanya DHT (Distributed Hash Table) teknik di Magnetic Links tersebut, mampu membuat sistem terdesentralisasi sehingga tidak bergantung kepada keberadaan trackers (pelacak).

Dengan kata lain, Magnet Links adalah sebuah link yang memungkinkan client BitTorrent mengunduh file torrent dari sumber yang "swarm" atau host bersama yang sudah disediakan sistem, sehingga user tidak perlu khawatir apabila terdapat link yang rusak/broken. Meskipun begitu, proses pengunduhan akan berjalan sedikit lebih lambat, namun sumber mengatakan, perbedaan kecepatan download reguler BitTorrent dengan sistem Link tersebut tidak akan mengalami perbedaan yang mencolok.

User tak hanya diuntungkan mengenai kualitas file yang akan di download, tetapi juga dapat memperluas bandwidth server atau disk space dengan berkurangnya file torrent, sehingga The Pirate Bay akan terasa lebih portabel, dan memudahkan dalam bergerak dari web host yang satu ke web host yang lainnya.

Kemajuan teknologi Magnetic Links saat ini, diharapkan mampu memperketat dan sekaligus sebagai penunjang bagi tindakan penegakan hukum terhadap masa depan website penyedia jasa host, atau situs download lainnya seperti The Pirate Bay.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar